Skip to main content

Sikap Menghadapi Hujan Saat Berkendara

Assalamualaikum lekk..
Siang-siang gini sambil leyeh-leyeh paling enak ya es degan sambil baca-baca artikel yang ringan-ringan lek.. Oww iya jangan lupa surungan alias camilannya lek.. Biar ndegannya makin matttt..
Sedikit diartikel kali ini KM akan membahas tentang safety berkendara saat hujan. Dan kebetulan ini sudah memasuki musim penghujan jadi saya rasa pembahasan tentang safety berkendara saat musim hujan sangat cocok.
Yawes gak usah berlama-lama lek.. Berikut adalah hal apa saja yang perlu dilakukan atau dipersiapkan untuk menghadapi ridding waktu hujan.
Yang pertama adalah sikap menghadapi situasi saat hujan turun yaitu jangan panik, sambil mencari tempat berteduh berkendaralah dengan penuh konsentrasi dan jangan terpancing pengendara lain, saat situasi seperti ini terkadang banyak pengendara yang justru malah betot gas, alih-alih biar gak kehujanan yang ada malah membahayakan diri sendiri dan orang lain.
Apabila sudah berteduh silahkan  memakai jas hujan lek, KM sarankan untuk memakai jas hujan yang model setelan jacket + celana biar lebih safety. Karena jas hujan model ponco atau model batman sangat bahaya, sering kali model ponco ini nyangkut di gear atau bahkan nyangkut ke pengendara lain. Bukanya aman malah ambyarrr lekk..
Lanjutt.. Setelah sampean memakai mantol usahakan sampean lihat kondisi jalan dulu, soalnya kondisi jalan pada kisaran 1-2 menit awal turunnya hujan itu adalah awal cleaning partikel-partikel seperti debu, minyak, dll oleh air hujan. Jadi saat itulah sebenarnya kondisi jalan menjadi sangat licin. Apalagi kalau grip ban atau batikan ban sampean sudah gundul.. Wahhh bisa-bisa selip lekk ban sampean. 
Apabila kiranya sudah 2 menitan baru silahkan lanjutkan perjalanan lek.. Tapi selalu ingat lek, berkendara saat hujan sangat jauh berbeda dengan berkendara saat panas terik, karena saat hujan grip ban pada aspal menurun drastiss..
Sekian sedikit share saja lek dari KM, semoga berguna nggih.. Salam aspal atos..
Wassalamuallaikum.. 

Comments

Popular posts from this blog

Suzuki DR150 versi Adventure Bike

Lekk.. Satu kata buat render Suzuki DR150 di atas.. Guantenggggg... Edyan njaran lek, KM bener-bener tersepona.. Haiyahh.. Di foto sphyshoot kemarin tertuang desain yang mungkin sebagian besar orang merasa biasa saja, tapi siapa sangka dari desain biasa tersebut bisa berubah sedemikian gantengnya hanya dengan ubahan di sedikit sektor. Di tangan mas Ari cxrider.com desain Suzuki DR150 yang culun bisa di sulap menjadi motor dual purpose yang ganteng rupawan.. Gagah perkasa. Imajinasi doi benar-benar bermain klopp di sini lek. Disaat Suzuki DR150 masih menggunakan rem tromol untuk pengereman belakangnya, doi menjejalkan piranti disc brake dari Suzuki DR400. Tidak hanya itu lek, doi juga mengganti swing arm berikut lingkar roda dengan piranti dari Suzuki DR400 juga. Untuk bagian depan yakni fork depan doi mencangkokkan upside down punya Suzuki DR400 juga sekaligus lingkar roda dan dicsbrake set nya.. Hasilnya lekk.. Parahhh.. Uapikkk pollll... Ternyata design Suzuki DR150 kalau

New Product Yamaha XSR Pria Punya Selera

solomotorider.blogspot.com Lekkk... Yamaha ngamukk lekk.. Sehari kok ngluncurkan 3 model sekaligus. Nmax, XSR, WR. Di artikel kali ini saya akan membahas tentang retro modern Yamaha terbaru lek... Yaitu XSR 155cc. Motor yang comont part dengan mesin Vixion sieris ini bisa dikatakan pelopor lek di Indonesia. XSR terang-terangan menantang kawasaki retro W sieris. Tapi disini XSR mempunyai nilai plus dibanding kompetitornya yaitu engine yang sudah mengadopsi kontruksi modern + radiator. Berikut spesifilasi lengkapnya lek.. DIMENSI (Dimension) P X L X T (Length x Width x Height)  2007 x 804 x 1080 mm JARAK SUMBU RODA (Wheelbase) 1330 mm JARAK TERENDAH KE TANAH (Ground clearance) 170 mm TINGGI TEMPAT DUDUK (Seat height) 810 mm BERAT ISI (Curb weight) 134 kg KAPASITAS TANGKI BENSIN (Fuel tank capacity) 10,4 Liter MESIN (Engine) TIPE MESIN (Engine type) Liquid cooled, 4-stroke, SOHC, 4 valves, VVA DIAMETER X LANGKAH (Bore x stroke) 58,0 x 58,7 mm PERBANDINGAN KOMPRESI (Comp

Kecebur disawah

Ndeso.. Cen ndeso lek..  Jauh dari peradaban kota. Jangankan Mall, indoma*et we lagi ada baru-baru ini. Tepatnya di desa kecil dusun Sumberjo kecamatan Manyaran. Masuk di kabupaten Wonogiri sisi barat, tetapi berbatasan langsung dengan kabupaten Sukoharjo di tepi barat & utaranya, dan berbatasan langsung dengan Daerah Istimewa Yogyakarta di sisi barat daya. Kalau mau ke kabupaten Wonogiri kota kurang lebih 32km, kalau mau ke kabupaten sebelah yakni Sukoharjo kota kudu perjalanan kurang lebih 20km, sama-sama jauh. Tapi walaupun ndeso, kehidupan di Manyaran enak lek lingkungane, ademm, asri, dan serba murah.. 😊 Km jadi ingat di kala KM masih tinggal di kampung. Saat itu KM bantu orang tua usung-usung benih padi. Bukan pakai pikulan, bukan jg pakai mobil lek, tapi pakai sepeda motor+bronjong. FYI motor yang KM pakai adalah motor bebek Yamaha Alfa 100cc dengan spec mesin standar, cuma copot tebeng aja biar gak ribet buat usung-usung ke sawah. Iya kalau udah pakai ban pacul/ban tra