Skip to main content

Kecebur disawah

Ndeso.. Cen ndeso lek..  Jauh dari peradaban kota. Jangankan Mall, indoma*et we lagi ada baru-baru ini. Tepatnya di desa kecil dusun Sumberjo kecamatan Manyaran. Masuk di kabupaten Wonogiri sisi barat, tetapi berbatasan langsung dengan kabupaten Sukoharjo di tepi barat & utaranya, dan berbatasan langsung dengan Daerah Istimewa Yogyakarta di sisi barat daya.
Kalau mau ke kabupaten Wonogiri kota kurang lebih 32km, kalau mau ke kabupaten sebelah yakni Sukoharjo kota kudu perjalanan kurang lebih 20km, sama-sama jauh.
Tapi walaupun ndeso, kehidupan di Manyaran enak lek lingkungane, ademm, asri, dan serba murah.. 😊
Km jadi ingat di kala KM masih tinggal di kampung. Saat itu KM bantu orang tua usung-usung benih padi. Bukan pakai pikulan, bukan jg pakai mobil lek, tapi pakai sepeda motor+bronjong. FYI motor yang KM pakai adalah motor bebek Yamaha Alfa 100cc dengan spec mesin standar, cuma copot tebeng aja biar gak ribet buat usung-usung ke sawah.
Iya kalau udah pakai ban pacul/ban trail, lha iki ban di peruntukkan di aspal dan di tambah lagi ban e wes aluss luss. Dan jalan yang KM lewati adalah jalan yang seharusnya buat jalan ban trail, lha piye lek wong ya full tanah & lumpur gek..
Judule gur wong nekatt...
Bermula saat bronjong di motor KM isi dengan bibit padi yang sudah di pocong/ikat sebanyak 60ikat, sampai penuh menjulang ke atas bronjong lek.

Benih padi

Berat nya jg gak main-main, lebih dari 100kg tentunya, lha wong bibit padi yang masih ada lumpure di akarnya, gek ya masih basahh tentunya.
Tanpa rasa was-was, KM PD melewati galengan a.k.a pematang sawah yang lebarnya kira-kira cuma 60cm, plus licin karena semalam habis hujan.
Singkat cerita KM sampailah di pematang sawah yang agak menurun, awalnya KM agak sempat ragu untuk melewatinya, tp KM ngerasa kok nanggung banget ya kalau harus langsir jalan kaki soalnya lokasi tujuan tinggal beberapa meter saja.  Akhirnya KM beranikan untuk melibasnya, pelann pelann.. Tiba-tiba ban selip dan rem tidak bekerja sama sekali karena memang jalanan licinn..  Srottttt byurrrr.. Alhasil KM terjatuh ke sawah bersamaan motor+muatannya.. Sirah KM nancepp di lumpur.. Wesss apess lek esuk-esuk gluprut endhut sak awak utuh..
Saat motor sudah di tarik separo dari lumpur 

Singkat cerita Alhamdulillah KM bisa keluar dari sawah berkat di tolong orang-orang yang sedang bekerja di sawah dekat TKP. Sakit sih enggak lek, tapi maluunya itu lhoo.. Lha piye wong badan + muka lumpur semua.. 😌
Dari kejadian di atas dapat kita petik hikmahnya, kalau sekira motor sudah tidak mampu karena keterbatasan spec dan over load maka jangan sesekali nekat kalau gak mau celaka..
Sekian sedikit curhat kekonyolan KM kala itu.. 😂.  Salam endhut mblekuk lek..(KM)

Comments

Popular posts from this blog

Suzuki DR150 versi Adventure Bike

Lekk.. Satu kata buat render Suzuki DR150 di atas.. Guantenggggg... Edyan njaran lek, KM bener-bener tersepona.. Haiyahh.. Di foto sphyshoot kemarin tertuang desain yang mungkin sebagian besar orang merasa biasa saja, tapi siapa sangka dari desain biasa tersebut bisa berubah sedemikian gantengnya hanya dengan ubahan di sedikit sektor. Di tangan mas Ari cxrider.com desain Suzuki DR150 yang culun bisa di sulap menjadi motor dual purpose yang ganteng rupawan.. Gagah perkasa. Imajinasi doi benar-benar bermain klopp di sini lek. Disaat Suzuki DR150 masih menggunakan rem tromol untuk pengereman belakangnya, doi menjejalkan piranti disc brake dari Suzuki DR400. Tidak hanya itu lek, doi juga mengganti swing arm berikut lingkar roda dengan piranti dari Suzuki DR400 juga. Untuk bagian depan yakni fork depan doi mencangkokkan upside down punya Suzuki DR400 juga sekaligus lingkar roda dan dicsbrake set nya.. Hasilnya lekk.. Parahhh.. Uapikkk pollll... Ternyata design Suzuki DR150 kalau

New Product Yamaha XSR Pria Punya Selera

solomotorider.blogspot.com Lekkk... Yamaha ngamukk lekk.. Sehari kok ngluncurkan 3 model sekaligus. Nmax, XSR, WR. Di artikel kali ini saya akan membahas tentang retro modern Yamaha terbaru lek... Yaitu XSR 155cc. Motor yang comont part dengan mesin Vixion sieris ini bisa dikatakan pelopor lek di Indonesia. XSR terang-terangan menantang kawasaki retro W sieris. Tapi disini XSR mempunyai nilai plus dibanding kompetitornya yaitu engine yang sudah mengadopsi kontruksi modern + radiator. Berikut spesifilasi lengkapnya lek.. DIMENSI (Dimension) P X L X T (Length x Width x Height)  2007 x 804 x 1080 mm JARAK SUMBU RODA (Wheelbase) 1330 mm JARAK TERENDAH KE TANAH (Ground clearance) 170 mm TINGGI TEMPAT DUDUK (Seat height) 810 mm BERAT ISI (Curb weight) 134 kg KAPASITAS TANGKI BENSIN (Fuel tank capacity) 10,4 Liter MESIN (Engine) TIPE MESIN (Engine type) Liquid cooled, 4-stroke, SOHC, 4 valves, VVA DIAMETER X LANGKAH (Bore x stroke) 58,0 x 58,7 mm PERBANDINGAN KOMPRESI (Comp