Sugeng enjing paklek..
Awal pekan nih.. Pokoke tetap semangat ya lek senajan tanggal paruh baya.. Hhee.
Sedikit share lek, ini masalah sepele sih. Tapi kalau di biarkan ndableg bakal fatal.
Jadi gini, penyakit ini KM alami kurang lebih 1,5th yang lalu. Bukan penyakit yang menimpa tubuh KM, tapi penyakit yang menimpa otong (sebutan vixion punya KM).
Bermula saat KM habis terkena macet saat perjalanan pulang kerja, saat itu cuaca sangat terik, otomatis suhu mesin juga ikut mongah-mongah lek..
Indikator suhu sontak menyala, menunjukkan bahwa suhu mesin sudah 90° lebih.
Sesampainya di rumah, weee lha kok enek bunyi siulan. Semula KM kira suara itu dari filter udara, begitu KM cek lha kok gak ada indikasi kalau itu bersumber dari filter udara. Saking penasarannya, KM broswing-broswing tanya simbah (google. red). Dan ternyata dari kebanyakan artikel yang KM baca, siulan itu berasal dari oil seal water coolant yang sudah tidak optimal kinerjanya.
Secara umum hal tersebut bisa terjadi pada semua motor yang sudah menganut pendingin radiator lek.
Di tandai dengan suara siulan, air radiator sering berkurang, suhu mesin sering over heat, dan parahnya apabila water coolant sudah menembus oil seal maka coolant akan bercampur dengan oli mesin, dan bila itu sudah terjadi maka bisa di tandai dengan perubahan warna oli, oli mesin akan menjadi seperti susu full cream lek. Ngeri tenan..
Oil seal jebol dan shaft impeler aus.
Akibat oli bercampur dengan air.
Kalau sudah begitu mau gak mau harus ganti part oil seal lek, parahnya bisa juga merembet ke bearing dan impeler shaft nya.. Totalan lekk..
Berikut KM lampirkan harga untuk masing-masing part apabila sudah rusak dan musti di ganti.
Catalog resmi Yamaha
Lumayann lek.. Barang sak premen yupi we regane mak jlebb, gak heran lek.. Wong ya itu merupakan komponen vital untuk menahan air radiator agar tidak masuk ke gear box bercampur dengan oli mesin.
Kalau bearing dan impeler shaft assy apabila tidak aus penggantiannya opsional sih lek, tapi kalau saran KM mendingan di ganti sekalian kalau kiranya sudah aus, ya walaupun cuma aus sedikit, takutnya kalau nanti malah merusak part baru lek, soale kinerjanya ketiga part tersebut dengan saling bersinggungan.
Oww iya, gak cukup cuma beli tiga part diatas ya lek, soalnya oli mesin juga wajib musti ganti, dan juga ganti atau penambahan air radiator.
Wesss bisa sampean total sendiri biayanya. Soale harga oli dan air radiator itu beda-beda, tergantung pakai merk apa.
Sekian lek sedikit curhatan dan sharing KM mengenai kerusakan yang terjadi pada old Vixion. Semoga bisa bermanfaat.
Btw ada yang pernah ngalamin seperti kejadian yang KM alamin gak lek?? Lek pernah ya wess bejamu lekk.. Hhee (KM)
Awal pekan nih.. Pokoke tetap semangat ya lek senajan tanggal paruh baya.. Hhee.
Sedikit share lek, ini masalah sepele sih. Tapi kalau di biarkan ndableg bakal fatal.
Jadi gini, penyakit ini KM alami kurang lebih 1,5th yang lalu. Bukan penyakit yang menimpa tubuh KM, tapi penyakit yang menimpa otong (sebutan vixion punya KM).
Bermula saat KM habis terkena macet saat perjalanan pulang kerja, saat itu cuaca sangat terik, otomatis suhu mesin juga ikut mongah-mongah lek..
Indikator suhu sontak menyala, menunjukkan bahwa suhu mesin sudah 90° lebih.
Sesampainya di rumah, weee lha kok enek bunyi siulan. Semula KM kira suara itu dari filter udara, begitu KM cek lha kok gak ada indikasi kalau itu bersumber dari filter udara. Saking penasarannya, KM broswing-broswing tanya simbah (google. red). Dan ternyata dari kebanyakan artikel yang KM baca, siulan itu berasal dari oil seal water coolant yang sudah tidak optimal kinerjanya.
Secara umum hal tersebut bisa terjadi pada semua motor yang sudah menganut pendingin radiator lek.
Di tandai dengan suara siulan, air radiator sering berkurang, suhu mesin sering over heat, dan parahnya apabila water coolant sudah menembus oil seal maka coolant akan bercampur dengan oli mesin, dan bila itu sudah terjadi maka bisa di tandai dengan perubahan warna oli, oli mesin akan menjadi seperti susu full cream lek. Ngeri tenan..
Oil seal jebol dan shaft impeler aus.
Akibat oli bercampur dengan air.
Kalau sudah begitu mau gak mau harus ganti part oil seal lek, parahnya bisa juga merembet ke bearing dan impeler shaft nya.. Totalan lekk..
Berikut KM lampirkan harga untuk masing-masing part apabila sudah rusak dan musti di ganti.
Catalog resmi Yamaha
Lumayann lek.. Barang sak premen yupi we regane mak jlebb, gak heran lek.. Wong ya itu merupakan komponen vital untuk menahan air radiator agar tidak masuk ke gear box bercampur dengan oli mesin.
Kalau bearing dan impeler shaft assy apabila tidak aus penggantiannya opsional sih lek, tapi kalau saran KM mendingan di ganti sekalian kalau kiranya sudah aus, ya walaupun cuma aus sedikit, takutnya kalau nanti malah merusak part baru lek, soale kinerjanya ketiga part tersebut dengan saling bersinggungan.
Oww iya, gak cukup cuma beli tiga part diatas ya lek, soalnya oli mesin juga wajib musti ganti, dan juga ganti atau penambahan air radiator.
Wesss bisa sampean total sendiri biayanya. Soale harga oli dan air radiator itu beda-beda, tergantung pakai merk apa.
Sekian lek sedikit curhatan dan sharing KM mengenai kerusakan yang terjadi pada old Vixion. Semoga bisa bermanfaat.
Btw ada yang pernah ngalamin seperti kejadian yang KM alamin gak lek?? Lek pernah ya wess bejamu lekk.. Hhee (KM)
Comments
Post a Comment