Skip to main content

Jangan abaikan jika ada suara siulan di motor anda

Sugeng enjing paklek..
Awal pekan nih.. Pokoke tetap semangat ya lek senajan tanggal paruh baya.. Hhee.
Sedikit share lek, ini masalah sepele sih. Tapi kalau di biarkan ndableg bakal fatal.
Jadi gini, penyakit ini KM alami kurang lebih 1,5th yang lalu. Bukan penyakit yang menimpa tubuh KM, tapi penyakit yang menimpa otong (sebutan vixion punya KM).
Bermula saat KM habis terkena macet saat perjalanan pulang kerja, saat itu cuaca sangat terik, otomatis suhu mesin juga ikut mongah-mongah lek..
Indikator suhu sontak menyala, menunjukkan bahwa suhu mesin sudah 90° lebih.
Sesampainya di rumah, weee lha kok enek bunyi siulan. Semula KM kira suara itu dari filter udara, begitu KM cek lha kok gak ada indikasi kalau itu bersumber dari filter udara. Saking penasarannya, KM broswing-broswing tanya simbah (google. red). Dan ternyata dari kebanyakan artikel yang KM baca, siulan itu berasal dari oil seal water coolant yang sudah tidak optimal kinerjanya.
Secara umum hal tersebut bisa terjadi pada semua motor yang sudah menganut pendingin radiator lek.
 Di tandai dengan suara siulan, air radiator sering berkurang, suhu mesin sering over heat, dan parahnya apabila water coolant sudah menembus oil seal maka coolant akan bercampur dengan oli mesin, dan bila itu sudah terjadi maka bisa di tandai dengan perubahan warna oli, oli mesin akan menjadi seperti susu full cream lek. Ngeri tenan.. 

          Oil seal jebol dan shaft impeler aus.

            Akibat oli bercampur dengan air.

Kalau sudah begitu mau gak mau harus ganti part oil seal lek, parahnya bisa juga merembet ke bearing dan impeler shaft nya.. Totalan lekk..
Berikut KM lampirkan harga untuk masing-masing part apabila sudah rusak dan musti di ganti.

                 Catalog resmi Yamaha

Lumayann lek.. Barang sak premen yupi we regane mak jlebb, gak heran lek.. Wong ya itu merupakan komponen vital untuk menahan air radiator agar tidak masuk ke gear box bercampur dengan oli mesin.
Kalau bearing dan impeler shaft assy apabila tidak aus penggantiannya opsional sih lek, tapi kalau saran KM mendingan di ganti sekalian kalau kiranya sudah aus, ya walaupun cuma aus sedikit, takutnya kalau nanti malah merusak part baru lek, soale kinerjanya ketiga part tersebut dengan saling bersinggungan.
Oww iya, gak cukup cuma beli tiga part diatas ya lek, soalnya oli mesin juga wajib musti ganti, dan juga ganti atau penambahan air radiator.
Wesss bisa sampean total sendiri biayanya. Soale harga oli dan air radiator itu beda-beda, tergantung pakai merk apa.
Sekian lek sedikit curhatan dan sharing KM mengenai kerusakan yang terjadi pada old Vixion. Semoga bisa bermanfaat.
Btw ada yang pernah ngalamin seperti  kejadian yang KM alamin gak lek?? Lek pernah ya wess bejamu lekk.. Hhee (KM)

Comments

Popular posts from this blog

Suzuki DR150 versi Adventure Bike

Lekk.. Satu kata buat render Suzuki DR150 di atas.. Guantenggggg... Edyan njaran lek, KM bener-bener tersepona.. Haiyahh.. Di foto sphyshoot kemarin tertuang desain yang mungkin sebagian besar orang merasa biasa saja, tapi siapa sangka dari desain biasa tersebut bisa berubah sedemikian gantengnya hanya dengan ubahan di sedikit sektor. Di tangan mas Ari cxrider.com desain Suzuki DR150 yang culun bisa di sulap menjadi motor dual purpose yang ganteng rupawan.. Gagah perkasa. Imajinasi doi benar-benar bermain klopp di sini lek. Disaat Suzuki DR150 masih menggunakan rem tromol untuk pengereman belakangnya, doi menjejalkan piranti disc brake dari Suzuki DR400. Tidak hanya itu lek, doi juga mengganti swing arm berikut lingkar roda dengan piranti dari Suzuki DR400 juga. Untuk bagian depan yakni fork depan doi mencangkokkan upside down punya Suzuki DR400 juga sekaligus lingkar roda dan dicsbrake set nya.. Hasilnya lekk.. Parahhh.. Uapikkk pollll... Ternyata design Suzuki DR150 kalau

New Product Yamaha XSR Pria Punya Selera

solomotorider.blogspot.com Lekkk... Yamaha ngamukk lekk.. Sehari kok ngluncurkan 3 model sekaligus. Nmax, XSR, WR. Di artikel kali ini saya akan membahas tentang retro modern Yamaha terbaru lek... Yaitu XSR 155cc. Motor yang comont part dengan mesin Vixion sieris ini bisa dikatakan pelopor lek di Indonesia. XSR terang-terangan menantang kawasaki retro W sieris. Tapi disini XSR mempunyai nilai plus dibanding kompetitornya yaitu engine yang sudah mengadopsi kontruksi modern + radiator. Berikut spesifilasi lengkapnya lek.. DIMENSI (Dimension) P X L X T (Length x Width x Height)  2007 x 804 x 1080 mm JARAK SUMBU RODA (Wheelbase) 1330 mm JARAK TERENDAH KE TANAH (Ground clearance) 170 mm TINGGI TEMPAT DUDUK (Seat height) 810 mm BERAT ISI (Curb weight) 134 kg KAPASITAS TANGKI BENSIN (Fuel tank capacity) 10,4 Liter MESIN (Engine) TIPE MESIN (Engine type) Liquid cooled, 4-stroke, SOHC, 4 valves, VVA DIAMETER X LANGKAH (Bore x stroke) 58,0 x 58,7 mm PERBANDINGAN KOMPRESI (Comp

Kecebur disawah

Ndeso.. Cen ndeso lek..  Jauh dari peradaban kota. Jangankan Mall, indoma*et we lagi ada baru-baru ini. Tepatnya di desa kecil dusun Sumberjo kecamatan Manyaran. Masuk di kabupaten Wonogiri sisi barat, tetapi berbatasan langsung dengan kabupaten Sukoharjo di tepi barat & utaranya, dan berbatasan langsung dengan Daerah Istimewa Yogyakarta di sisi barat daya. Kalau mau ke kabupaten Wonogiri kota kurang lebih 32km, kalau mau ke kabupaten sebelah yakni Sukoharjo kota kudu perjalanan kurang lebih 20km, sama-sama jauh. Tapi walaupun ndeso, kehidupan di Manyaran enak lek lingkungane, ademm, asri, dan serba murah.. 😊 Km jadi ingat di kala KM masih tinggal di kampung. Saat itu KM bantu orang tua usung-usung benih padi. Bukan pakai pikulan, bukan jg pakai mobil lek, tapi pakai sepeda motor+bronjong. FYI motor yang KM pakai adalah motor bebek Yamaha Alfa 100cc dengan spec mesin standar, cuma copot tebeng aja biar gak ribet buat usung-usung ke sawah. Iya kalau udah pakai ban pacul/ban tra