Assalamualaikum paklekkk..
Sugeng ndalu selamat malam, bagaimana kabarnya lek?? Semoga kesehatan dan keberkahan selalu tercurah buat sampean semua lek.. Aminn.
Setelah beberapa hari ini KM vacum gak update lapak, kini InsyaAllah KM akan kembali update tentang kabar perMotoran lek.
Bismillah..
Btw 3 hari terakhir KM merasa aneh dengan kinerja rem depan tunggangan KM sehari-hari. Yupp si-Otong rada ada yang aneh di kinerja pengeremannya. Semula KM kira hanya kampas atau disc pad nya yang kotor karena akhir-akhir ini KM sering di guyur hujan kalau pulang kerja. Gejalanya seperti ada kotoran krikil atau semacam ada partikel kecil yang nyelip antara disc pad dan disc plate atau piringannya. Srekkkk srekkkk gitu lek kalau roda depan berputar, kalau tuas rep di tekan, suara itu hilang seketika. Makanya KM acuh aja, paling gur reget, nanti juga hilang sendiri.
Saking 3 hari suara gak hilang-hilang, akhirnya KM penasaran to. Tadi pagi sebelum berangkat glidig KM cek itu caliper, piringan dannn ketika lihat disc pad nya.. Weee lhaa dalaa.. Gustiii ngaliii..
Ternyata disc pad a.k.a kampas rem wes aus lek.. Media gesek atau kampas nya habisss hanya menyisakan sisa kampas tak lebih tebal dari 1mm, weeedyann parahh iki.. KM tledorr lek..
Kalau ini murni KM yang tledor lek. Iso-isone kampas entek sampai gak konangan. Soalnya di lihat dari kinerja tuas juga tidak ada perubahan lek, masih kenyott kenyott enak, makanya KM sampai ketilapan.
Hal seperti ini adalah hal sepele tapi fatall lek. Bayangkan saja, ketika kampas habis hanya menyisakan plat besi, maka ketika di rem mbok sampai sekuat tenaga nekannya, tetep aja motor ngloyor gak mau berhenti lek. Iso kebayang kan gimana bahayanya.
FYI, kejadian seperti ini juga pernah menimpa teman KM sendiri, dan itu juga sempet KM buatkan artikel di sini
https://kelikmanyaran.blogspot.com/2019/01/selamat-siang-lurr.html
Eeee tiwas koar-koar mengingatkan sampean semua, malah KM sendiri tledor.. Hhee.
Skipp skipp akhirnya si-Otong nekat KM buat berangkat glidig, dengan meminimalisir pengoperasian rem depan, mlakune alon-alon paklekk..
Dan pada saat istirahat siang, KM sempatkan mengganti disc pad ke bengkel seputaran tempat kerja.
Ndelalah gak antri lek, setelah deal dengan salah satu merk dics pad aftermarket seharga 30rb (sudah sekalian ongkos pasang) akhirnya om mekanik dengan cekatan dan teliti membongkar lalu memasang disc pad yang baru. Gak ada 10menit akhirnya disc pad terpasang sempurna di tempatnya.
Namanya juga part baru lek, jadi pas perjalanan pulang ke tempat kerja KM merasakan lha kok rodo gak pakem ya, dan KM berfikir, alahhh paling nanti kalau sudah stay pada tempatnya juga bakal pakem. Dan benar saja lek, setelah perjalanan pulang tadi KM merasakan kinerja rem nya semakin pakem, mantappp..
Yuppp intinya walaupun termasuk part jarang ganti, disc pad atau kampas rem adalah piranti vital. Jadi lek, jangan pernah abaikan kondisi part kampas rem anda.
Gimana kondisi kampas rem sampean lek? Yakin masih tebel? Mbok coba di cek dulu siapa tau njaluk ganti.. Hhee.. (KM)
Sugeng ndalu selamat malam, bagaimana kabarnya lek?? Semoga kesehatan dan keberkahan selalu tercurah buat sampean semua lek.. Aminn.
Setelah beberapa hari ini KM vacum gak update lapak, kini InsyaAllah KM akan kembali update tentang kabar perMotoran lek.
Bismillah..
Btw 3 hari terakhir KM merasa aneh dengan kinerja rem depan tunggangan KM sehari-hari. Yupp si-Otong rada ada yang aneh di kinerja pengeremannya. Semula KM kira hanya kampas atau disc pad nya yang kotor karena akhir-akhir ini KM sering di guyur hujan kalau pulang kerja. Gejalanya seperti ada kotoran krikil atau semacam ada partikel kecil yang nyelip antara disc pad dan disc plate atau piringannya. Srekkkk srekkkk gitu lek kalau roda depan berputar, kalau tuas rep di tekan, suara itu hilang seketika. Makanya KM acuh aja, paling gur reget, nanti juga hilang sendiri.
Saking 3 hari suara gak hilang-hilang, akhirnya KM penasaran to. Tadi pagi sebelum berangkat glidig KM cek itu caliper, piringan dannn ketika lihat disc pad nya.. Weee lhaa dalaa.. Gustiii ngaliii..
Ternyata disc pad a.k.a kampas rem wes aus lek.. Media gesek atau kampas nya habisss hanya menyisakan sisa kampas tak lebih tebal dari 1mm, weeedyann parahh iki.. KM tledorr lek..
Kalau ini murni KM yang tledor lek. Iso-isone kampas entek sampai gak konangan. Soalnya di lihat dari kinerja tuas juga tidak ada perubahan lek, masih kenyott kenyott enak, makanya KM sampai ketilapan.
Hal seperti ini adalah hal sepele tapi fatall lek. Bayangkan saja, ketika kampas habis hanya menyisakan plat besi, maka ketika di rem mbok sampai sekuat tenaga nekannya, tetep aja motor ngloyor gak mau berhenti lek. Iso kebayang kan gimana bahayanya.
FYI, kejadian seperti ini juga pernah menimpa teman KM sendiri, dan itu juga sempet KM buatkan artikel di sini
https://kelikmanyaran.blogspot.com/2019/01/selamat-siang-lurr.html
Eeee tiwas koar-koar mengingatkan sampean semua, malah KM sendiri tledor.. Hhee.
Skipp skipp akhirnya si-Otong nekat KM buat berangkat glidig, dengan meminimalisir pengoperasian rem depan, mlakune alon-alon paklekk..
Dan pada saat istirahat siang, KM sempatkan mengganti disc pad ke bengkel seputaran tempat kerja.
Ndelalah gak antri lek, setelah deal dengan salah satu merk dics pad aftermarket seharga 30rb (sudah sekalian ongkos pasang) akhirnya om mekanik dengan cekatan dan teliti membongkar lalu memasang disc pad yang baru. Gak ada 10menit akhirnya disc pad terpasang sempurna di tempatnya.
Namanya juga part baru lek, jadi pas perjalanan pulang ke tempat kerja KM merasakan lha kok rodo gak pakem ya, dan KM berfikir, alahhh paling nanti kalau sudah stay pada tempatnya juga bakal pakem. Dan benar saja lek, setelah perjalanan pulang tadi KM merasakan kinerja rem nya semakin pakem, mantappp..
Yuppp intinya walaupun termasuk part jarang ganti, disc pad atau kampas rem adalah piranti vital. Jadi lek, jangan pernah abaikan kondisi part kampas rem anda.
Gimana kondisi kampas rem sampean lek? Yakin masih tebel? Mbok coba di cek dulu siapa tau njaluk ganti.. Hhee.. (KM)
Comments
Post a Comment