Skip to main content

Kampas rem habis. Bahaya lekk..!!

Assalamualaikum paklekkk..
Sugeng ndalu selamat malam, bagaimana kabarnya lek?? Semoga kesehatan dan keberkahan selalu tercurah buat sampean semua lek.. Aminn.
Setelah beberapa hari ini KM vacum gak update lapak, kini InsyaAllah KM akan kembali update tentang kabar perMotoran lek.
Bismillah..

Btw 3 hari terakhir KM merasa aneh dengan kinerja rem depan tunggangan KM sehari-hari. Yupp si-Otong rada ada yang aneh di kinerja pengeremannya. Semula KM kira hanya kampas atau disc pad nya yang kotor karena akhir-akhir ini KM sering di guyur hujan kalau pulang kerja. Gejalanya seperti ada kotoran krikil atau semacam ada partikel kecil yang nyelip antara disc pad dan disc plate atau piringannya. Srekkkk srekkkk gitu lek kalau roda depan berputar, kalau tuas rep di tekan, suara itu hilang seketika. Makanya KM acuh aja, paling gur reget, nanti juga hilang sendiri.
Saking 3 hari suara gak hilang-hilang, akhirnya KM penasaran to. Tadi pagi sebelum berangkat glidig KM cek itu caliper, piringan dannn ketika lihat disc pad nya.. Weee lhaa dalaa.. Gustiii ngaliii..



 Ternyata disc pad a.k.a kampas rem wes aus lek.. Media gesek atau kampas nya habisss hanya menyisakan sisa kampas tak lebih tebal dari 1mm, weeedyann parahh iki.. KM tledorr lek..


 Kalau ini murni KM yang tledor lek. Iso-isone kampas entek sampai gak konangan. Soalnya di lihat dari kinerja tuas juga tidak ada perubahan lek, masih kenyott kenyott enak, makanya KM sampai ketilapan.
Hal seperti ini adalah hal sepele tapi fatall lek. Bayangkan saja, ketika kampas habis hanya menyisakan plat besi, maka ketika di rem mbok sampai sekuat tenaga nekannya, tetep aja motor ngloyor gak mau berhenti lek. Iso kebayang kan gimana bahayanya.
FYI, kejadian seperti ini juga pernah menimpa teman KM sendiri, dan itu juga sempet KM buatkan artikel di sini
https://kelikmanyaran.blogspot.com/2019/01/selamat-siang-lurr.html
Eeee tiwas koar-koar mengingatkan sampean semua, malah KM sendiri tledor.. Hhee.
Skipp skipp akhirnya si-Otong nekat KM buat berangkat glidig, dengan meminimalisir pengoperasian rem depan, mlakune alon-alon paklekk..
Dan pada saat istirahat siang, KM sempatkan mengganti disc pad ke bengkel seputaran tempat kerja.
Ndelalah gak antri lek, setelah deal dengan salah satu merk dics pad aftermarket seharga 30rb (sudah sekalian ongkos pasang) akhirnya om mekanik dengan cekatan dan teliti membongkar lalu memasang disc pad yang baru. Gak ada 10menit akhirnya disc pad terpasang sempurna di tempatnya.


Namanya juga part baru lek, jadi pas perjalanan pulang ke tempat kerja KM merasakan lha kok rodo gak pakem ya, dan KM berfikir, alahhh paling nanti kalau sudah stay pada tempatnya juga bakal pakem. Dan benar saja lek, setelah perjalanan pulang tadi KM merasakan kinerja rem nya semakin pakem, mantappp..



Yuppp intinya walaupun termasuk part jarang ganti, disc pad atau kampas rem adalah piranti vital. Jadi lek, jangan pernah abaikan kondisi part kampas rem anda.
Gimana kondisi kampas rem sampean lek? Yakin masih tebel? Mbok coba di cek dulu siapa tau njaluk ganti.. Hhee..  (KM)


Comments

Popular posts from this blog

Suzuki DR150 versi Adventure Bike

Lekk.. Satu kata buat render Suzuki DR150 di atas.. Guantenggggg... Edyan njaran lek, KM bener-bener tersepona.. Haiyahh.. Di foto sphyshoot kemarin tertuang desain yang mungkin sebagian besar orang merasa biasa saja, tapi siapa sangka dari desain biasa tersebut bisa berubah sedemikian gantengnya hanya dengan ubahan di sedikit sektor. Di tangan mas Ari cxrider.com desain Suzuki DR150 yang culun bisa di sulap menjadi motor dual purpose yang ganteng rupawan.. Gagah perkasa. Imajinasi doi benar-benar bermain klopp di sini lek. Disaat Suzuki DR150 masih menggunakan rem tromol untuk pengereman belakangnya, doi menjejalkan piranti disc brake dari Suzuki DR400. Tidak hanya itu lek, doi juga mengganti swing arm berikut lingkar roda dengan piranti dari Suzuki DR400 juga. Untuk bagian depan yakni fork depan doi mencangkokkan upside down punya Suzuki DR400 juga sekaligus lingkar roda dan dicsbrake set nya.. Hasilnya lekk.. Parahhh.. Uapikkk pollll... Ternyata design Suzuki DR150 kalau

New Product Yamaha XSR Pria Punya Selera

solomotorider.blogspot.com Lekkk... Yamaha ngamukk lekk.. Sehari kok ngluncurkan 3 model sekaligus. Nmax, XSR, WR. Di artikel kali ini saya akan membahas tentang retro modern Yamaha terbaru lek... Yaitu XSR 155cc. Motor yang comont part dengan mesin Vixion sieris ini bisa dikatakan pelopor lek di Indonesia. XSR terang-terangan menantang kawasaki retro W sieris. Tapi disini XSR mempunyai nilai plus dibanding kompetitornya yaitu engine yang sudah mengadopsi kontruksi modern + radiator. Berikut spesifilasi lengkapnya lek.. DIMENSI (Dimension) P X L X T (Length x Width x Height)  2007 x 804 x 1080 mm JARAK SUMBU RODA (Wheelbase) 1330 mm JARAK TERENDAH KE TANAH (Ground clearance) 170 mm TINGGI TEMPAT DUDUK (Seat height) 810 mm BERAT ISI (Curb weight) 134 kg KAPASITAS TANGKI BENSIN (Fuel tank capacity) 10,4 Liter MESIN (Engine) TIPE MESIN (Engine type) Liquid cooled, 4-stroke, SOHC, 4 valves, VVA DIAMETER X LANGKAH (Bore x stroke) 58,0 x 58,7 mm PERBANDINGAN KOMPRESI (Comp

Kecebur disawah

Ndeso.. Cen ndeso lek..  Jauh dari peradaban kota. Jangankan Mall, indoma*et we lagi ada baru-baru ini. Tepatnya di desa kecil dusun Sumberjo kecamatan Manyaran. Masuk di kabupaten Wonogiri sisi barat, tetapi berbatasan langsung dengan kabupaten Sukoharjo di tepi barat & utaranya, dan berbatasan langsung dengan Daerah Istimewa Yogyakarta di sisi barat daya. Kalau mau ke kabupaten Wonogiri kota kurang lebih 32km, kalau mau ke kabupaten sebelah yakni Sukoharjo kota kudu perjalanan kurang lebih 20km, sama-sama jauh. Tapi walaupun ndeso, kehidupan di Manyaran enak lek lingkungane, ademm, asri, dan serba murah.. 😊 Km jadi ingat di kala KM masih tinggal di kampung. Saat itu KM bantu orang tua usung-usung benih padi. Bukan pakai pikulan, bukan jg pakai mobil lek, tapi pakai sepeda motor+bronjong. FYI motor yang KM pakai adalah motor bebek Yamaha Alfa 100cc dengan spec mesin standar, cuma copot tebeng aja biar gak ribet buat usung-usung ke sawah. Iya kalau udah pakai ban pacul/ban tra